Alternatif OS PC Selain Windows.

OS atau Operation System merupakan hal yang sangat penting dalam PC kita, karena OS lah yang menentukan mau dijadikan bagaimana PC kita nantinya, sebelum nya kita harus mengetahui sebenarnya apa itu yang bernama OS

Apa Itu Operating System ( OS ) ?

Secara Umum Operating System adalah perangkat lunak yang sistem yang mengatur sumber daya dari perang kat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik ( Daemon ) untuk program komputer. Tanpa OS pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.g.
 Jadi, intinya pc kalian gak akan berjalan tanpa OS.

Setelah mengetahui apa itu Operating System, mari kita lanjuut...
OS Yang akan dibahas disini adalah Linux, Apa sih Linux itu?
Linux adalah OS berbasis UNIX. Mengapa berbasis UNIX? Yaitu karena Linux di kembangkan berdasarkan standar yang dimiliki oleh UNIX, bisa dibilang Linux itu turunan dari UNIX.
Keuntungan dari OS Linux ini adalah :

  • OS Linux ini 100% Gratis
  • OS Linux dapat kita modifikasi sesuka kita.
  • OS Linux Lebih unggul dalam hal keamanan dari pada windows.
  • OS Linux relatif kecil ukurannya dibandingkan windows.
  • OS Linux memerlukan resource yang lebih sedikit dibanding windows, sehingga cocok di spek low.
  • OS Linux mampu berjalan di dua mode.
  • Dan masih banyak lagi keuntungan dari OS Linux
Kekurangan dari OS Linux ini adalah :

  • Tidak semua program yang support pada windows support juga dengan Linux
  • User windows mungkin harus beradaptasi terlebih dahulu saat menggunakan Linux, karena sudah terbiasa menggunakan windows.
Ini dia 3 dari beberapa jenis OS Linux yang sudah terkenal yaitu :

1. Linux Ubuntu




Sistem operasi Ubuntu sudah sangat terkenal di kalangan pengguna Linux, Ubuntu sangat di rekomendasikan untuk kalian yang baru mencoba menggunakan linux, karena insatalasi dan penggunaannya yang mudah, Tampilannya pun tidak terlalu berbeda dari operasi windows.

2. Linux Mint

 Linux Mint adalah OS Linux yang paling banyak saat ini. Salah satu kelebihan dari Linux Mint adalah adanya aplikasi bawaan dalam OS tersebut seperti browser plugin, media codec, DVD playback, Java, dan masih banyak lainnya. Linux ini turunan dari Linux Ubuntu.

3. Linux Debian

Banyak Linux yang berbasis debian contoh nya yaitu Linux Mint & Ubuntu. Beberapa tahun ini peringkat Debian berada di bawah Linux Mint, walaupun kadang Debian berada di peringkat 3. Linux Debian mendapatkan posisi 3 besar dikarenakan Linux ini banyak digunakan oleh para pengembang, jadi jika sobat ingin menjadi pengembang juga direkomendasikan menggunakan  Linux Debian.


Itulah tadi beberapa informasi tentang OS Linux semoga bermanfaat, makasih atas kesediaannya mampir ke blog ini. jangan lupa share ke temen temen kalian biar ilmunya berkah ^_^

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Ini Jangan Lupa Like, Comment, Dan Share Postingan Ini, Juga Jangan Lupa Follow Fanspage Blog Ini Agar Mendapat Pemberitahuan Saat Ada Update an Terbaru, Dan Jangan Lupa Kembali Lagi Ke Blog SanEm28 ya!

Related : Alternatif OS PC Selain Windows.

1 Komentar untuk "Alternatif OS PC Selain Windows."

ane pengen nyoba pake linux, tapi kok kayaknya ribet gan